Laman

Selasa, 27 Oktober 2020

Limapuluh (Antologi Puisi)


Judul: Limapuluh (Antologi Puisi)

Penulis: A. Syauqi Sumbawi

Penerbit: Rumah Semesta Hikmah bekerjasama dengan Pustaka Ilalang

Cetakan: Pertama, Juni 2020

Tebal: x + 66 halaman

Ukuran: 14 x 20,5 cm

 

 

Pengantar


Meskipun tanpa seorang pengantar, saya yakin anda bisa melangkah sendiri, membuka pintu, dan menjelajahi ruang-ruang yang tersedia dalam antologi “limapuluh” ini. Akan tetapi sebagai pengantar yang ditugaskan oleh penyair, maka dalam kesempatan ini, dengan senang hati saya akan mengantarkan anda kepadanya.

Ups! Maafkan, saya. Langsung bicara saja. Tanpa mengucap salam terlebih dulu kepada anda.

Salam. Perkenalkan! Saya mewakili kata pengantar. Bila dimisalkan seorang sopir taksi, maka saya bertugas mengantar. Dan bila tujuan anda adalah tempat anda bekerja, berobat, bersekolah, berlibur, atau bahkan meludah sekalipun, maka sebagai sopir taksi, tentu saja saya tidak mengantar anda hingga memasuki tempat-tempat tersebut. Saya bukan guide. Cukup di depannya saja saya mengantar anda.

Begitu juga dengan antologi ini. Saya hanya mengucapkan “silahkan ber-apa saja di sini.” Akan tetapi, anda jangan serakah. Karena ini adalah sebuah karya berbentuk tulisan, maka semestinya dibaca—dalam membaca itulah anda silahkan ber-apa saja di sini—. Tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan kegunaannya, yaitu sebagai bacaan. Apalagi untuk hal-hal yang menyimpang dan membikin resah. Dan dalam keadaan tertentu, bolehlah kalau anda menggunakannya sebagai selain itu, misalnya, boleh dibakar jika anda sangat kedinginan yang bila tidak membakarnya, anda bisa tewas membeku. 

Baiklah. Ada limapuluh puisi dalam antologi ini, yang ditulis dalam rentang waktu antara tahun 2004 hingga tahun 2019. Sepanjang limabelas tahun itu, tidak hanya menampilkan unsur-unsur instrinsik puisi, tetapi juga menjelaskan jejak penyair kita ini. Baik terkait pengalaman, perasaan, pembacaan, maupun beragam concern yang dihadirkan dalam antologi ini.

Sekali lagi saya bukan guide. Maka, mohon maaf jika saya tinggalkan anda sendiri di sini. Karena saya yakin, keakraban anda dengan puisi-puisi dan prosa pendek yang ada di antologi ini akan sedikit terganggu jika saya ada bersama anda.

Maka, selamat membaca. Menjelajahi Limapuluh.



*) Berminat: Hubungi HP/WA 085648030568 atau 085731139530

3 komentar: